Friday, January 29, 2016

Jakarta - Bali Naik Kereta

Dua tahun yang lalu ,tepatnya tanggal 9 April 2014 ,gue bikin long trip ke Bali berdua sama temen gue si Arga alias Parjo .Pernah di publish di blogger.com tapi rincian biayanya udah nggak relevan.

Yang harus kalian lakuin pertama kali, kalian harus reservasi tiket jauh-jauh hari , apalagi kalo kesana pas weekend .Tapi kalo hari biasa kemungkinan kalian masih punya kesempatan buat dapet tiket.

Just info ,sampai sekarang belum ada kereta langsung dari Jakarta – Banyuwangi .Iya Banyuwangi .Ujung timur Pulau Jawa .Jadi kalian harus naik kereta 2 kali (nyambung ya ) .
Mudah mudahan tulisan gue ini ngebantu jadi referensi kalian yang mau ke Bali atau mungkin ada yang mau ke Lombok ?Bisa dipake juga kok .Tapi ngga direkomendasiin buat yang cuma punya waktu dikit.

Untuk berangkatnya ada 4 pilihan nih.

1.KA GAYA BARU MALAM ( Pasar Senen – Surabaya Gubeng )
Kereta berangkat jam 10:30 pagi  – dan sampai di Surabaya jam  01:25 malam .Harga tiketnya Rp 110.000 ,tapi begitu sampai Surabaya lo terpaksa harus nginep distasiun Gubeng ,karena kereta tujuan Banyuwangi SRI TANJUNG ( Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru ) berangkat besok siangnya jam 14:30 dan sampai di Banyuwangi jam 21:20 .Buat menghemat biaya sebaiknya nggak usah kemana mana .Ingat tujuan semula lo itu tujuannya mau ke Bali .Tapi terserah juga sih .Selama 12 jam di Surabaya bisa lo pake buat keliling kota Surabaya .Tapi kalo yang nggak mau nginep bisa naik bis dari Terminal Bungur Asih naik bis AKAS Asri.

2.KA KERTAJAYA (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi ) harga tiketnya Rp 90.000 .Berangkat jam 14:00 sampai di Surabaya jam 01:30 .Ini pun sama lo harus nginep distasiun  dan juga lo harus pindah ke stasiun Gubeng buat naik kereta SRI TANJUNG ( Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru )Rp 100.000 ,berangkat jam 14:30 dan sampai di Banyuwangi jam 21:20 .
Atau lagi-lagi kalo ngga mau nginep bisa naik bis dari terminal Bungur Asih .Naik bis AKAS ASRI .
Ribet banget  ya .

3.KA Matarmaja ( Pasar Senen - Malang )
berangkat jam 15:15 dan sampai di stasiun Malang jam 07:50 pagi. Harga tiketnya Rp 115.000
Nyambung lagi naik KA Tawang Alun
berangkat jam 15:55 sampai di stasiun  Banyuwangi jam 23:30.
Ah gila jedanya lama amat ya. Bisa diakalin kalian bisa eksplor kota Malang sebentar.
Dan gw pake cara yang ke 4 .Cocok yang pengen berangkat dari Jakarta malem hari.

4.KA PROGO (Pasar Senen – Lempuyangan Jogja) harga tiketnya Rp 75.000 .Berangkat  jam 22:30 .Nah kan pagi sebelumnya kan lo masih bisa kerja tuh .Sampai di Jogja jam 06:55 pagi .Setelat telatnya kereta Progo itu paling telat 15 menitan .Pengalaman yang udah-udah sih ngga pernah telat .

Abis lo turun dari kereta mending lo liat jam .Langsung cari kereta di jalur sebelahnya .Nama keretanya SRI TANJUNG ( Lempuyangan – Banyuwangi Baru ) harga tiketnya Rp 100.000 ,Ini berangkatnya mepet banget jam 07:15 .
Berdoa aja semoga lo ngga ketinggalan kereta  .Kereta ini sampai di Banyuwangi jam 21:20 .Kurang lebih 21 jam perjalanan yang harus lo tempuh .Luar biasa .Nah siapin aja cemilan yang banyak .Biar nggak bengong selama di kereta .
Sampai di Banyuwangi itu kira kira jam 9 malam .Kali ini terserah lo mau langsung nyebrang atau mau istirahat dulu .Tapi pas gue sih karena udah nggak sabar ,gue langsung nyebrang .Dari stasiun Banyuwangi Baru ,lo jalan kaki aja menuju ke Pelabuhan Ketapang ,kira kira 1 km .Tanya aja sama warga setempat.Sempetin juga buat foto di depan tulisan pelabuhan Ketapang :-) .

Harga tiket kapal buat nyebrang dari Pelabuhan Ketapang – Pelabuhan Gilimanuk itu murah banget .Cuma Rp 7.500 aja.Murah yah .Tadi sebelum naik kapal sih kita udah nyempetin buat makan. Tapi rasa-rasanya masih jetlag. Hahaha trainleg kali..
Waktu itu ngga perlu nunggu lama .Nggak kayak di Bakauheni dah .Cuma ½ - 1 jam aja lo udah sampai Gilimanuk .Waktu itu emang suasananya sepi banget ,tadinya gue nyangka pas nyampe Gilimanuk bakal diserbu calo .Ternyata ngga tuh .Aman .Sepi sepi aja.
Sampai di pelabuhan Gilimanuk ,kok gue ngerasa capek banget  ya . Akhirnya kita mutusin buat nginep di mushola .Haha gue nyerah ,capek luar biasa .Kalo dipaksain nantinya ngga fun lagi jadinya .Tidur dulu lah ,meskipun cuma bentaran.

Dari pelabuhan ketapang ,tujuan selanjutnya adalah terminal Ubung ya
ng letaknya ada di Denpasar .Dari info yang gue dapet buat menuju terminal Ubung harus naik minibus semacam kopaja jurusan Gilimanuk – Padang Bai . Nah buat yang mau ke Lombok juga sama tuh naik bis ini .Buat yang belum tau ,Padang Bai itu nama pelabuhan di ujung timur Pulau Bali .Bis ini mulai beroperasi jam 01 : 00 pagi . Tapi waktu itu gue berangkat jam  5 pagi,karena tidur nyenyak banget .Ongkos bis waktu itu Rp 35.000.Untuk yang terbaru ongkosnya Rp 45.000.

Perjalanan Gilimanuk – Ubung itu kurang lebih 3-4 jam . Sampai diterminal ,nah lu siap siap diserbu calo .Mereka kebanyakan calo bus tujuan Surabaya Bilang aja mau ke Kuta .Nah begitu lu bilang mau ke Kuta mereka juga bakal ngga ngikutin lo lagi .Mereka ngga segan-segan buat narik tas kalian. SO pegang erat-erat guys.
Tujuan berikutnya menuju Kuta .Dari terminal ngga ada angkutan langsung ke Kuta .Waktu itu karena perut udah nggak bisa diajak kompromi ,kita nyari warung makan ,nah kebetulan tuh di deket terminal ada warung soto .Sambil speak nanya nanya kalo mau ke Kuta naik apa .

Dari Terminal Ubung lo jalan kaki kurang lebih 50 meter ,naik angkot warna biru tua ,turun di daerah Tegal ( masih wilayah Denpasar  ) .Sampai di Tegal lo tunggu aja ELF menuju Kuta .Waktu itu gue nungguin ELF lama banget ampe desperate mau jalan kaki sampai Kuta .Tapi di tengah perjalanan kita mutusin buat naik taksi sampai Kuta ,Waktu itu bayar Rp 40.000 .Tadinya gue pikir bakalan bayar lebih dari Rp 50.000 .
Beruntungnya kita.Sepanjang perjalanan si sopir taxi mainin musik Bali .Wah gue udah sampe Bali men!!!!

Eh tapi untuk sekarang kan Gojek udah masuk Bali ya.Recomended juga tuh.Soalnya angkutan umum di Bali emang rada susah.

Sampai di Kuta ,sebaiknya lo segera cari penginapan .Rekomendasinya sih kebanyakan nginep di Jalan Poppies Lane 1 maupun 2 ,karena terkenal murah . Nah waktu itu kita nginep di Losmen Arthawan ,Jl.Poppies Lane 2 .Rp 100.000/mlm  double bed .Nah di penginapan lo juga bisa langsung sewa motor Rp 50.000/hari .Modal KTP doang kok .Nah abis ini terserah lo dah mau ngapain di Bali .Saran gue sih lo bawa peta ,buat jaga jaga kalo tiba tiba HP lo mati ,power bank mati .Haha kejadian sama gue nyasar .
Karena kalian udah sewa motor, yaudah kalian bikin list tempat mana aja yg mau dikunjungin. Kalo gw kemarin pertama ke Tanah Lot, trus lanjut ke Bedugul, trus back to homestay karena udah malem.

Besoknya hunting sunrise di Sanur, lanjut ke Ubud, Goa Gajah , Pasar Sukawati, GWK .Malemnya belanja oleh-oleh di Krishna. Pagi-paginya langsung cuz back to Jakarta.
Nah buat pulangnya ada sedikit perbedaan rute .
Dari Kuta naik gojek aja ya sampai ke Ubung .Karena banyak banget calo yang usil narik tas lo dan maksa buat naik bis mereka .Bis jurusan Gilimanuk ngetem 10 meter ngga jauh dari terminal .Nah sebaiknya lo turun disitu.Nah kalo lo udah naik bis jurusan Gilimanuk ,selanjutnya lo naik kapal lagi nyebrang ke Ketapang Banyuwangi .Malemnya terpaksa nginep di stasiun Banyuwangi ya.

1.Naik KA Tawang Alun ( Banyuwangi Baru - Malang ) 05:00- 12:56 Rp 65.000 Nah jadi ngga salah dong kalo gue bilang lo harus udah di stasiun sebelum jam 5 .
2.KA Matarmaja ( Malang - Pasar Senen ) 17:00-09:45 Rp 115.000
Kenapa ngga naik SRI TANJUNG lagi ,karena kalo kita naik SRI TANJUNG ,sampai dilempuyangan kurang lebih jam 7 malem , sedangkan KA PROGO berangkat sekitar jam 4 sore .Ngga pas.
Perkiraan biaya setelah disesuaikan dengan kondisi sekarang:
Senen-Lempuyangan            Rp 75.000
Lempuyangan-Banyuwangi Rp 110.000
Kapal PP                                 Rp15.000
Gilimanuk - Denpasar  PP    Rp  90.000
Gojek Denpasar-KutaPP       Rp 56.000
Penginapan 2 mlm dibagi 2 Rp 100.000 ( dibagi 2 sama tmn gue )
Motor 2 hari dibagi 2             Rp   50.000
GWK                                         Rp   50.000
4 lokasi x 10.000                    Rp   40.000
Bensin                                      Rp   50.000
Kereta Banyuwangi-Malang-JKT    Rp   185.000
total                                           Rp 821.000

Biaya yang harus lo tambahin sendiri menurut kebutuhan lo ya (makan ,oleh oleh dll ). Kebanyakan kalo lokasi pantai sih gratis .Atau kadang cuma bayar parkir .
Sampai sini dulu ya ,nanti kalo gue lagi mood nulis gue bakal nulis perjalanan gue selama di Bali .Thanks udah mau baca coretan gue ini .