Sunday, January 31, 2016

Island Adventure - Pulau Edam

Jakarta, 10 Oktober 2015

Begini ceritanya .
Beruntungnya saya mendapat ajakan dari XL buat jalan-jalan gratis.Iya gratis .Hah kok bisa. Iya bisa lah.Siapa sih yang ngga mau kalo diajak jalan-jalan gratis.Apalagi  pas banget sama jadwal kerja off. Yaudah berangkaattt.Jangan ngiri ya.

Jam 5 teng saya udah mandi udah rapi udah ganteng maximal. Hari ini meeting pointnya di Graha XL ,sekitaran Kuningan Jawa Barat. Whatttt..? Bisa sejauh itu di Jawa Barat. Haahahah tapi boong. Graha XL nya ada di Kuningan, Jakarta. Hehe..

Jam 6 harus udah ngumpul.Dan saya udah nyampe di Graha XL kepagian.Nanya sama sekuritinya, katanya belum pada dateng .Ya udah nongkrong dulu di depan  ,ngobrol sama abang driver Bis yang ternyata mau nganter kita piknik. Iya piknik.. 


Satu persatu peserta udah mulai nongol.

Singkat cerita hampir semua peserta udah kumpul, dilanjutin acara penyambutan oleh para rangernya XL ,itu loh mereka yang jadi admin di twitter @xlcare .Orangnya asik-asik, ramah-ramah pula. Kenalan lah satu persatu.

Masing-masing dari kita dikasih kaos & Pin.Sama makanan pastinya. Ah tau aja nih gw belum sarapan.





Jam 7 tepat kita udah ambil tempat duduk di dalem bis. Siap-siap buat berangkat menuju pelabuhan Marina Ancol. Oiya ternyata kita ke sana bareng sama Komunitas Historia Indonesia ( KHI ) .Kerenn.


Dari Marina Bay kita naik speed boat. Aha satu lagi bonus nih, biasanya gw mah naik kapal motor biasa  yang dari Kamal Muara atau Muara Angke .Hihihi. Keren dah pokoknya.
Oiya hari ini kita bakal ngedatengin 3 pulau. Pulau Edam, Pulau Kelor & Pulau Onrust. Yang sangat menarik minat saya ya Pulau Edam karena emang saya blm pernah ke sana. 




Perjalanan dari Marina bay menuju dermaga pulau Edam  kurang lebih selama satu jam. Uh gila.. so fast. Wuss..wusss.wuss.Beberapa kali kedengeran suara benturan. Benturan ombak sama badan kapal.

Pas sampe dermaga Pulau Edam, ternyata air lautnya jernih banget. Jadi pengen nyebur. Nah.. tapi ngga bawa baju ganti.





Yuhu.. petualangan di Pulau Edam segera dimulai. Kita bakalan tracking mengelilingi pulau Edam yang luasnya sekitar 30 hektar.

Edam diambil dari sebuah nama kota di Belanda .Nah nama itulah yang dikasih sama pemerintah VOC .Tapi masyarakat setempat nyebutnya Pulau Damar Besar, karena dulunya di sini banyak banget pohon Damar ( kemenyan ) .Nah untuk masa sekarang pulau ini dikelola oleh TNI AL ,dan emang sih kayaknya ngga terlalu dikelola buat wisata.
Dan rasa-rasanya masih banyak orang yang belum tau tempat ini.Tempat ini bisa dicapai melalui pelabuhan Kamal Muara, muara angke ataupun Marina.

Nah mulailah kita tracking. Oiya jangan lupa guys sebelumnya kalian mesti pake lotion anti nyamuk. Karena emang di sini banyak banget nyamuk.
Hari ini kita ditemenin sama kang Asep Kambali founder KHI ( Komunitas Historia Indonesia ).Yang bakal ngebagi ilmu sejarah pulau yang kita kunjungin.Mantap kan.

Nyimak penjelasannya Kang Asep nih.


Di pulau Edam ini terdapat makam Syarifa Fatimah, Ratu Banten I. Beliau pernah memimpin penyerangan terhadap Belanda .Dan ternyata dulunya Kepulauan seribu ini  masih di bawah kekuasaan kesultanan Banten. Karena memang Batavia statusnya merupakan fasal atau semacam negara bagian dari Kesultanan Banten. Sehingga pangeran Jayakarta bertanggung jawab langsung terhadap Sultan Banten.
Tapi periode pemerintahan berubah, pada tahun 1619 ,kekuasaan pangeran Jayakarta diambil alih oleh VOC.



Pada jaman itu Batavia masih berupa hutan belantara. Katanya sih masih banyak macan .
Ada hal yang cukup menarik saat membahas Batavia pada masa itu .Buat yang pernah main ke kota tua pasti tau lampu merah yang deket museum bank Mandiri. Nah dulunya di sana terdapat tembok batas dari kota Batavia yang tingginya 8 meter  sehingga mustahil untuk bisa menaiki tembok tersebut. Di sisi tembok tersebut juga  dibuat juga parit /kanal .Ya memang Batavia pada jaman itu mirip-mirip seperti Venice. Banyak sekali kanal-kanal yang dibuat oleh Belanda.
Sehingga orang juga sering menyebut Batavia sebagai Queen of the East ( De Koningin van het Oosten )

Tapi Queen of The East ini hancur pada masa pemerintahan Daendeles yang merupakan kesayangannya Napoleon Bonaparte .Bisa disebut kita pernah dijajah Perancis selama 3 tahun (  1808-1811 ) .Pada masa pemerintahan Daendeles banyak orang yang terkena kolera.

Guys kita lanjut tracking ke Menara Vast Licht nih .Tingginya 52 meter. Dan kita boleh loh naik sampai atas. Wow mantap. Karena rombongan kita banyak makanya dibagi 2 kloter buat naik ke atas. Oke siip .



Naik menara Vast Licht ini merupakan tantangan tersendiri. Karena emang bentuk tangganya ini spiral tegak lurus, Ada sebanyak 17 lantai dan 270 anak tangga yang harus kalian taklukin.Aku yakin kamu bisa, iya kamu.

Tapi setelah kalian nyampe atas kebayar deh capeknya. Bisa ngliat pemandangan pulau Edam dari atas ,Apalagi lautnya yang biru kehijau-hijauan. Mirip-mirip yang di Belitung lah. Pulau Lengkuas kalo ngga salah.




Dan rasanya ngga mau kalo disuruh cepat-cepat turun. Selfie dulu lah.
Tapi apa mau dikata kita harus lanjut ke pulau berikutnya. Kalian harus kesini. Dijamin nggak bakalan garing.




Tempatkan sesuatu pada tempatnya. Tempatkan impiannmu dimasa depan, dan jadikan sejarah sebagai tempat mencari pelajaran.
Sampai jumpa pulau Edam

No comments:

Post a Comment