Friday, January 29, 2016

Dolan Nang Lawang Sewu

Jakarta pagi itu
Selasa,2 September 2014
Jam empat pagi gw udah bangun,tentunya dengan bantuan alarm. .Temen gw Adin ,sepertinya udah bangun ngeduluin .Semangat banget kayaknya dah .Dia ini jauh jauh dari Sukabumi ,bela belain pengen ikut trip kita .Meskipun sempet galau ,ragu ragu mau ninggalin bisnisnya yang di Sukabumi .Setelah gw bujuk-bujuk akhirnya mau juga .
Trip kali ini kita cuma berangkat berlima .Gw ,Adin,Dedy,Riri ,dan Manalu .Sayang sekali salah satu temen kita ,Bengbeng yang sebenernya semangat banget mau ikut ,tapi karena beberapa hal jadi ngga bisa ikut .Ngga apa apalah cuma berlima .Gw yakin tripnya bakalan seru.

Entah awalnya dapet ide dari mana ,gw milih destinasi  Semarang .Tau tau pengen aja ke sana .Setelah gw bikin itinerary singkat ,gw kasih ke temen temen gw ini.Oke fixed ,5 orang siap berangkat .Meskipun sebenernya nggak ada yang tau seluk beluk Semarang .Kalo gw sih sebenernya udah pernah ke sana .Tapi udah lama banget sekitar taun 2004 .Dan disanapun belum terlalu kenal Semarang. Udah lupa jadinya.

Satu persatu temen gw ,gw kirimin BBM .Mastiin kalo mereka udah pada bangun.1 menit ,2 menit ,3 menit ngga ada balesan .Hmm ..masih pada tidur ini kayaknya .Tapi nggak lama mereka bales .Lagi siap siap katanya .Lagi siap siap bangun tidur .
Setelah mandi ,sarapan ,kitapun berangkat .Janji ketemuan di Cengkareng .Niatnya mau naik bus trans Jakarta .Tapi ngga jadi ,yang ditunggu ngga nongol-nongol.Di PHP in doang .Setelah berunding ,sempet mau naik P12 ,tapi keputusan finalnya kita naik taxi berlima .Gw lupa waktu itu bayar berapa ,yang jelas murah karena dibagi berlima.Dan sopir taxinya mau diajak kerja sama. Tau banget kita lagi buru-buru.

Jreng jreng ..sampe juga di stasiun Pasar Senen .Baru setengah enem lewat .Masih ada waktu ternyata .Kita langsung menuju tempat buat cetak tiket online .Sekarang mah nyetak sendiri aja ,ngga perlu ke loket .Di situ sih ditulisnya “Cetak Mandiri “ .Eh ..kalo printernya lagi kusut gmn tuh .Kan ngga boleh cetak ulang .Haha untungnya sih belum pernah kejadian sama gw.

Jam 06:10 tepat ,kereta TAWANG JAYA berangkat.Im so excited.
.Yuhuuuu..tut..tut..gujes..gujess.Kurang lebih perjalanan kita bakal kita tempuh selama 6 jam .Ya selama 6 jam duduk di dalam kereta ekonomi AC.Seru pasti.

Di tengah perjalanan ,Riri pun mengeluarkan 1 kantong plastik penuh ukuran L berisi cemilan .Horeee .Tau aja nih ,kita lagi pengen ngunyah sesuatu . Sambil menikmati pemandangan di samping kiri kita .Pemandangan sawah yang sudah menguning .Hmmm,sungguh pemandangan yang langka .Plus satu lagi nih ,kereta Tawang Jaya muterin lagu lagu jazz berbahasa Jawa .Mantep pokoknya .Selama 6 jam kita ngobrol ,makan ,tidur ,iseng main games ,ngebordes .Ngga ada bosennya ,tau tau udah nyampe aja

Ya .Jam setengah satu lewat kita udah sampe di stasiun Poncol,Semarang .Wuih..kita udah nyampe Semarang coy .Semarang ...Semarang ...Im Coming ...Saat keluar dari stasiun kita langsung diserbu tukang ojek dan tukang becak ..”Mboten pak “.Kita mau jalan aja ,ngirit ongkos"kata Dedi dengan polosnya .
Niatnya mau poto poto dulu di stasiun tapi ngga jadi .Ya sudah lah .Yang paling penting ngga lupa buat update di BBM,Path ,Facebook ,Twitter ,Instagram .Gila eksiiss bener ni bocah .Gw maksudnya ...hahaha.

Setelah berkali kali menolak tukang ojek ,kita mutusin buat ngisi perut dulu ,sebelum nyari penginapan .Setelah berjalan kurang lebih 50 meter ,akhirnya kita makan di warung ,yang gw lupa namanya .Yang jelas kita udah laper berat.Keliatan banget muka muka laper ,apalagi Manalu .Seh ..bela belain pesen makan pertama .Masing-masing makan dengan lahapnya .Belum sampe selesai gw denger Adin komentar soal tisu yang ada di meja .Iya itu tisu toilet coy .Gw sih ngga terlalu merhatiin.Kenapa ya hampir semua warung makan di Indonesia, tisu yang ada di meja pake tisu toilet. Padahal kan kalo tisu toilet nyerep air bukan nyerep minyak ( kata si Adin ) .Gw cuma senyum-senyum aja karena gw lagi asik makan.

Setelah kenyang kenyang perut kitapun segera nyari penginapan .Kita udah nyiapin list penginapan murah yang ada di sekitar stasiun poncol .Susah payah ,karena kebanyakan sudah penuh .Tapi ngga berapa lama sampailah di Hotel Arjuna .Losmen kali ya ,atau Motel.Pokoknya tau tau kita udah pesen dua kamar ber AC .160 ribu /mlm .Niatnya sih mau cari yang 70 ribuan semalem .Tapi setelah menjalani perundingan yang cukup alot ,kita mutusin buat nginep disitu.Langsung dah kita beberes.Mandi,siap siap jalan jalan sore di Semarang .Ngga mikirin tuh yang namanya kerjaan .Wong kita lagi cuti ceritanya.
Singkat cerita kita langsung menuju ke destinasi yang pertama .Lawang Sewu ,sama Tugu Muda .Dari penginapan buat nyari angkutan yang lewat Lawang Sewu itu kita harus jalan kaki ,mungkin ada kali 2 km .Mau naik BRT ( Trans Semarang ) ngga jadi .Udah ada mobil lain yang dateng duluan.

Apa sih yang ada di pikiran lo pas denger Lawang Sewu?Wuihh Lawang Sewu serem mennn.

Entah kenapa kalo denger Lawang Sewu ,kedengeran serem gitu ada nuansa mistis gitu .Hahayy lebaii.Ini sih gara-gara film horror itu.

Tanpa disuruh dan diminta Riri langsung mengeluarkan tongkat saktinya dan berubah jadi ranger pink .Dedi jadi ranger merah .Adin ,Gw ,Manalu terperangah ,heran kok ngga ikutan berubah ya ..Setelah berusaha dengan sangat keras ,kita ngga kunjung berubah ..Ha haa apa sehhhh .fokus fokus dong.Yang dikeluarin Riri itu tongsis alias monopod  .Yang emang sakti banget nih tongkat ,laris manis dipasaran ,trus gitu bisa naikin level kita .Level ke –eksis-an kita langsung nambah .Iya kita .Iya gw ,lu ,ama dia .

Lawang Sewu sebenernya merupakan museum .Tepatnya museum perkeretaapian .Disitu lengkap banget tuh tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia dari jaman kolonial Belanda .Foto-foto,diorama semua ada di situ tuh .Bahkan gw ngliat ada tiket kereta jaman dulu .Wisata sejarah jadinya nih .Ngga cuma poto poto doang .Kenapa ya disebut lawang sewu .Lawang = Pintu ,Sewu =Seribu .Seribu Pintu ?Hmmm emang sih pintunya banyak banget ,mungkin dihitung juga kali pintu pintu gaibnya .Halah halah ...apa lagi ini.

Parahnya si Dedi sama Riri berhasil Selfie di depan pintu gaibnya .
Ngga ada puasnya menyusuri setiap ruangan di dalam museum .Museum yang penuh dengan segala yang berhubungan dengan kereta api .Apalagi buat kita kita ini pecinta kereta api .Nampak beberapa bagian gedung sedang dilakukan renovasi .Semoga masih banyak ya generasi yang masih mau berkunjung ke museum.

Karena waktu kita ngga terlalu banyak ,kita mutusin buat cabut .Ngga jauh dari Lawang Sewu ,nyebrang dikit kita udah sampe di Tugu Muda .Namanya cocok banget buat kita yang muda muda ini .Monumen buat mengenang perjuangan rakyat melawan penjajah pada masa itu .Dari Tugu Muda itu keren banget buat ngambil foto,karena backgroundnya berdiri megah Museum Lawang Sewu .Keren banget coy ...Sore Sore Di Semarang ..Duduk duduk santai di tengah kota ,angin sepoi sepoi .