Thursday, January 28, 2016

Amazing Kebumen 2 - Pantai Lampon

Pantai Lampon ini letaknya ada di desa Pasir, Kecamatan Ayah,Kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke sana kita bisa start dari kota Gombong ( 21 km dari pusat kota Kebumen )
 melalui Jalan Karangbolong. Orang-orang setempat suka nyebutnya Jalan Sakalputung. Tapi kalo kalian malu bertanya ,coleklah mbah google Maps .Pokoknya setelah kalian nemuin jalan itu, terus aja lurus ke Selatan sampai ketemu Pantai Karangbolong .Jalan karangbolong ini terbilang cukup mulus ,ya emang sih masih bisa ditemuin beberapa lubang .Tapi masih oke lah.

Kalo untuk angkutan umum dari Gombong kita bisa menggunakan minibus .Biasanya ngetem di depan Pasar Wonokriyo Gombong .Tapi ya cuma sampai pantai Karangbolong aja. Nanti dari pantai Karangbolong kalian bisa lanjut naik ojek ya guys.
Nah abis dari Pantai Karangbolong kita belok kanan aja . Melalui jalan Daendeles selatan. Nah jalan Daendeles ini merupakan jalan yang menghubungkan Kabupaten Cilacap - Kabupaten Kebumen - Kabupaten Purworejo - Yogyakarta.
Setau gw sih kalo Jalan Daendeles yang Anyer - Panarukan. Kalo yang Daendeles Selatan ini gw masih belum begitu jelas soal sejarahnya. Hihihi.

Untuk yang di kecamatan Ayah ini jalannya terbilang sudah mulus .Ada hal yang harus diperhatiin ya guys. Kondisi kendaraan kalian harus dicek dulu sebelum melalui jalur ini.Meskipun jalanan terbilang mulus, tapi tanjakan dan turunannya lumayan ekstrem.
Sepengetahuan gw sih ngga ada POM bensin . Eitss tapi tenang aja sepanjang jalan tersedia bensin eceran.

Dan sialnya ditengah-tengah perjalanan ban motor gw bocor. Terpaksa harus jalan kakai nyari tukang tambal ban.

Sambil jalan sambil liat kanan kiri ya. Kalo udah nemuin tulisan Desa Pasir, nepi aja guys. Langsung tanya ke warga setempat. Tanya aja mau ke Pantai Pasir.
Seinget gw sih sampai kita nemuin pertigaan pertama. Di pertigaan desa pasir itu yang ada poster Map kawasan wisata Pasir. Kemarin gw kan niatnya cuma ke Pantai Lampon doang, tapi ternyata dari sini cukup deket ke lokasi lain seperti Pantai Karang Pengantin, Gebyuran, surmanis. Bonus lah itung-itung ya.

Nah kalo udah ada pos yang ada portalnya berarti kita udah sampe .Dan kita cuma bayar Rp 8.000 aja. Cukup murah lah.

Kalian bisa parkir kendaraan di TPI  Pasir.Atau yang bawa motor bisa juga dibawa sampai ke atas ( Kalo berani ).Tapi tidak direkomendasikan ya. Soalnya tanjakannya tinggi banget & masih jalan tanah berbatu. Nah setelah tanjakan ini di atas juga ada tempat parkir.
Lanjut kita tracking buat ke Pantai Lampon. Kira-kira sekitar 5-10 menit.
Siap-siap berkeringat ya soalnya kita dari bukit trus turun ke bawah. Naik turun bukit buat ke lokasi lainya. Dan siap-siap juga buat panas panasan.

Pantai Lampon letaknya memang cukup tersembunyi. Panjang pantainya pun hanya beberapa meter saja. Tapi keren banget loh guys.

Mohon maaf demi kenyamanan anda, foto kami samarkan .hah apa sih

Kalo dari atas pemandangannya kayak gini nih.

Eh ada tempat buat ngecamp juga loh

Gimana?  keren sekali bukan?Hahaha
Yuk lanjut lagi ke lokasi lainnya.Goa Wora-Wari, Karang Penganten, Pantai Gebyuran. Oiya yang perlu diperhatiin saat tracking menuju lokasi lainnya. Kita harus nglewatin jalan setapak yang disamping kirinya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan hanya diberi pembatas bambu. Keep safe ya

Sampai di karang penganten kemarin gw ngga sampe turun ke bawah, jadi cuma dapet foto dikit.

Sebenernya kalo mau lanjut tracking ,kalian bisa langsung ke Pantai Gebyuran.
Ini foto jepretannya Mas Indra Witantra .

Kemarin sebenernya mau lanjut ke sana tapi karena waktu yang cukup terbatas, gw harus cabut. Dan melanjutkan petualangan Amazing Kebumen ini ke tempat kece berikutnya.  Lanjut ke bagian 3 ya. Kita ke Pantai Surmanis